TESTIMONI PERKULIAHAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Saya merasa cukup senang dengan materi-materi perkuliahan di mata kuliah Psikologi Pendidikan. Materi yang disampaikan dari para dosen juga menarik, seperti pendidikan multikultural dan intelegensi. Ditambah lagi Bu Lita yang sering memberi kelas kami cokelat kalau mau share cerita masing-masing di kelas. Hehehe…. (walaupun saya sendiri tidak pernah kebagian cokelat sama Bu Lita, saya senang melihat teman-teman yang lain pada dapat cokelat. Bikin ngiri (^_^)). Saya juga cukup merasa berkesan dengan topik yang disampaikan Bu Sri tentang Tahapan Perkembangan Pendidikan Anak dengan beberapa cerita yang lucu tetapi pas dengan materi ynag dibawakan dan Bu Ola yang membawakan materi Pendidikan Multikultural membuat saya mengerti kalau perbedaan diantara para siswa tidak hanya berdasarkan etnis atau budaya saja, tetapi juga dari perbedaan kemampuan fisik peserta didik (antara siswa normal dan disabilitas) yang meskipun demikian masih dapat berinteraksi dan bekerja sama, seperti pada sekolah inklusi. Materi Teknologi dalam Pendidikan yang dibawakan Bu Dina juga menarik tetapi sayangnya karena pada materi tersebut dibawakan dalam kuliah ganti, maka banyak teman yang tidak mengikuti perkuliahan dan hanya sedikit kelompok yang terbentuk.
Hal yang menurut saya paling melekat dari tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan ini ialah kami wajib mengelola posting materi di blog. Tugas blog terntunya sangat membantu kami dalam memaknai arti penting dari penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan. Saya menyadari bahwa di era teknologi informasi yang sangat maju ini, tentunya sudah tersedia banyak cara untuk mengakses berbagai hal. Bahkan dunia pendidikan pun dapat diakses melalui jaringan dunia maya. Maka akan tepat guna jadinya jika kami mengelola blog yang kami miliki dengan konten-konten materi Psikogi Pendidikan yang tidak hanya sekedar bagian dari tugas, tetapi juga sebagai jendela informasi bagi orang lain.
Tugas Observasi ke sekolah juga cukup berkesan dengan saya. Karena tidak (atau belum) banyak tugas kami yang membutuhkan observasi ke luar lingkungan kampus, tentunya tugas observasi di mata kuliah Psikologi Pendidikan ini sangat membantu saya untuk mengerti apa tujuan melakukan observasi, apa-apa saja yang dilakukan dan perlu dikumpulkan dalam data-data observasi, serta mempersiapkan segala keperluan untuk melakukan observasi termasuk pengurusan surat izin observasi dan pengajuan surat tersebut ke sekolah yang kami tuju (kami melakuka observasi ke SMA 1 Medan). Selama masa observasi sendiri pun kami memiliki sejumlah hambatan, seperti teman saya yang belum ada almamaternya karena senior yang diminta pinjam sudah keburu masih kelas dan menyebabkan kami datang agak lama, menunggu wakil kepala sekolah selesai rapat karena surat izin kami belum mendapat acc-nya, dan agak nyasar dalam mencari kelas yang akan kami observasi (naik turun banyak tangga yang cukup untuk membuat bulir-bulir keringat kami berjatuhan). Meskipun demikian saya merasa senang dengan observasi yang kami lakukan karena kelas yang kami observasi cukup bersahabat dan terbuka dengan kami dan guru yang mengajar juga merasa senang dengan kehadiran kami. Secara keseluruhan saya senang dengan tugas observasi di Psikologi Pendidikan tersebut.

Tugas perkuliahan di mata kuliah Psikologi Pendidikan ini juga terbilang tidak terlalu sulit karena materi perkuliahan dibawakan oleh dosen sehingga kami tidak perlu membuat kelompok presentasi seperti di mata kuliah yang lain dan tugas yang diberikan juga tidak terlalu banyak sehingga tidak terlalu memforsir tenaga kami yang kebanyakan sudah dikuras oleh tugas-tugas dari mata kuliah yang lain. Oleh karena itu saya juga merasa senang akan hal tersebut. Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada para ibu dosen mata kuliah Psikologi Pendidikan yang telah memberikan kami ilmu dari materi-materi perkuliahan yang oke punya dan memberikan banyak bantuan kepada kami selama proses perkuliahan (seperti pada sesi diskusi dan tanya jawab) dan tugas-tugas yang sangat membantu kami dalam menggeluti manis pahitnya tugas kuliah. Terima kasih banyak bu…..

Komentar

Postingan Populer