PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KSUSUS
PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Anak Berkebutuhan Khusus dapat diartikan sebagai seorang anak yang memerlukan pendidikan yang disesuaikan dengan hambatan belajar dan kebutuhan masing-masing individual.
1. Jenis-jenis Anak Berkebutuhan Khusus
a. Kelainan Mental:
- Kelainan mental tinggi (anak-anak dengan IQ di atas rata-rata)
- Kelainan mental rendah (anak-anak dengan IQ di bawah rata-rata)
- Kesulitan belajar spesifik
b. Kelainan Fisik:
- Tunadaksa
- Tunanetra
- Tunarungu
- Kelainan Wicara
c. Kelainan Emosi dan Perilaku:
- Gangguan Emosi dan Perilaku (Tunalaras)
- Gangguan Konsentrasi (ADD)
- Gangguan Hiperaktif (ADHD)
d. Tunaganda (mengalami dua jenis kebutuhan khusus sekaligus).
2. Faktor-faktor Timbulnya Kebutuhan Khusus
a. Internal => Kondisi yang dimiliki anak yang bersangkutan.
b. Eksternal => Sesuatu yang berada di luar diri anak yang menjadikan hambatan perkembangan dan pembelajaran pada anak.
c. Kombinasi faktor internal maupun eksternal
3. Bentuk Layanan Pendidikan:
a. Sekolah Luar Biasa:
- SLB-A: Tunanetra
- SLB-B: Tunarungu
- SLB-C: Tunagrahita
- SLB-D: Tunadaksa
- SLB-E: Tunalaras
- SLB-G: Tunaganda
b. Sekolah Luar Berasrama
c. Kelas Jauh/ Kelas Kunjung
d. Sekolah Dasar Luar Biasa
e. Sekolah Inklusi
Komentar
Posting Komentar