PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KSUSUS

PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Anak Berkebutuhan Khusus dapat diartikan sebagai seorang anak yang memerlukan pendidikan yang disesuaikan dengan hambatan belajar dan kebutuhan masing-masing individual.

1.        Jenis-jenis Anak Berkebutuhan Khusus
a.       Kelainan Mental:
-          Kelainan mental tinggi (anak-anak dengan IQ di atas rata-rata)
-          Kelainan mental rendah (anak-anak dengan IQ di bawah rata-rata)
-          Kesulitan belajar spesifik

b.      Kelainan Fisik:
-          Tunadaksa
-          Tunanetra
-          Tunarungu
-          Kelainan Wicara

c.       Kelainan Emosi dan Perilaku:
-          Gangguan Emosi dan Perilaku (Tunalaras)
-          Gangguan Konsentrasi (ADD)
-          Gangguan Hiperaktif (ADHD)

d.      Tunaganda (mengalami dua jenis kebutuhan khusus sekaligus).

2.       Faktor-faktor Timbulnya Kebutuhan Khusus
a.       Internal  => Kondisi yang dimiliki anak yang bersangkutan.
b.      Eksternal => Sesuatu yang berada di luar diri anak yang menjadikan hambatan perkembangan dan pembelajaran pada anak.
c.       Kombinasi faktor internal maupun eksternal

3.       Bentuk Layanan Pendidikan:
a.       Sekolah Luar Biasa:
-          SLB-A: Tunanetra
-          SLB-B: Tunarungu
-          SLB-C: Tunagrahita
-          SLB-D: Tunadaksa
-          SLB-E: Tunalaras
-          SLB-G: Tunaganda

b.      Sekolah Luar Berasrama
c.       Kelas Jauh/ Kelas Kunjung
d.      Sekolah Dasar Luar Biasa
e.      Sekolah Inklusi

Komentar

Postingan Populer